Rabu, 23 Februari 2011

ngemil sehat


Ngemil dengan cara yang tepat ternyata bisa membantu melangsingkan, demikian pendapat beberapa ahli.

Begitu waktu menunjukkan pukul 3 sore, terasa ada lonceng lain dalam lambung kita yang ikut berdentang, minta segera diisi. Begitulah bekerjanya jam biologis tubuh kita, mengirim sinyal yang mengisyaratkan kebutuhan tubuh sesuai kodratnya. Padahal jika jarum jam baru menunjuk pukul 15.00, berarti makan malam masih harus menunggu 2-3 jam lagi. Jadi yang kemudian dilakukan banyak orang adalah ngemil, yaitu menyantap makanan dengan porsi kecil sebagai pasokan energy sebelum waktu makan besar tiba.

Berbeda sekali buat anak-anak yang secara naluri selalu ngemil kapan dan dimana saja, ternyata banyak orang dewasa takut nngemil. Alasan mereka, Karena takut menjadi gemuk. Bahkan berkembang imej dalam masayarakat bahwa camilan identik dengan cara makan yang tidak sehat. Maklum banyak orang ngemil secara kebablasan. Misalnya, mereka hanya makan kripik kentang atau kacang goreng, tetapi dilakukan dengan cara terus menerus menghabiskan sekantong potato chips dan setengah toples kacang mente.

Ekses ngemil tersebut sebenarnya bisa dihindari jika kitab bisa cepat tanggap pada sinyal tubuh sebelum otak menampilkan gambar chesse cake atau tiramisu yang nyam-nyam untuk memenuhi panggilan perut. Yang secapatnya harus dilakukan adalah ngemil makanan yang kaya nutrisi dengan porsi tepat.

Keri Glassman, R.D, penulis buku The Snack Factor Diet, mengatakan bahwa ngemil tidak selalu berarti buruk untuk tubuh. Jika dilakukan secara tepat ngemil bisa membantu system metabolism bekerja dengan lebih baik dan bisa mengurangi kecaduan makan (craving) yang justru mengarah ke makanan-makanan camilan tidak sehat. Anda juga tidak perlu takut bahwa ngemil akan menggemukkan. Menurut Lori Reamer, R.D, kepala bagian gizi untuk Canyon Ranch di Lenox, Massachussets, meraka yang ngemil dengan pintar yaitu makan makanan atau camilan sehat dengan porsi kecil, justru membuat mereka makan dengan porsi tidak berlebihan pada saat jam makan besar.

Beberapa prinsip berikut, bisa menjadi panduan agar kita bisa ngemil secara tepat sehingga dengan cara tersebut menjamin kita bisa mengkonsumsi makanan sehat dalam sehari penuh:

1. Ganti Galuan

Banyak camilan yang sudah umum dikenal oleh masyarakat luas, seperti keripik (chips) dan kue-kue kering yang miskin nutrisi karena biasanya mengandung banyak gula/karbohidrat, dan lemak tidak sehat (trans-fat). Jika ingin mulai ngemil secara sehat, anda mesti putar haluan, ubah pola pikir dan tinggalkan jenis snack tersebut, demikian anjuran Reamer. Buah-buahan, kacang-kacangan, dan yogurt merupakan pilihan yang baik. Agar efeknya lebih maksimal, gabungkan kelompok makanan. Protein dan lemak lebih lama dicerna dibandingkan karbohidrat sederhana, gabungkan dari keduanya, selain membuat kenyang lebih lama juga bisa memuaskan. Contoh: buah-buahan kelompok berries (karbohidrat) dengan yogurt rendah lemak (protein).

2. Mengantisipasi Lapar

Perhitungkan waktu lapar anda dan jangan terlambat memenuhinya, sehingga tidak sampai muncul rasa ketagihan makan (carving) yang berlebih. Coba amati, kapan anda mulai membayangkan menu favorit yang tersaji di cafeteria favorit anda atau anda mulai merasa gelisah dan perhatian anda mulai terganggu? Jika hal tersebut terjadi antara pukul 11.30 dan 16.30, maka rencanakan untuk menyantap camilan pada pukul 11.00 dan 16.00, apabila anda ingin membuat suatu perubahan, anda mampu berpikir jernih sehingga terhindar dari snack yang menjerumuskan.

3. Pilih Makanan yang Anda Suka

Mungkin anda pernah membaca manfaat gizi cottage cheese (jenis keju rendah lemak). Tapi jika anda tidak menyukainya, lupakan saja. Pilih camilan yang benar-benar anda suka. Jika anda menyukai makanan yang sedikit lembek, cobalah irisan tomat di atas biscuit kaya serat dengan sepotong keju cheddar yang dilelehkan. Jika anda ingin sesuatu yang renyah tapi tetap berkalori rendah, pilih mentimun atau wortel. Rasa senang akan menambah kepuasaan, ujar Reamer. Maka jangan ngemil sesuatu yang jelas anda tidak menyukainya.

4. Rencanakan porsi makan

Jika anda sudah memegang sekantung besar kacang atau satu boks kue-kue kering, tentu anda akan lebih sulit untuk berhenti mengemil. Untuk menghindari kelebihan makan, sesuaikan porsi makanan tersebut dan simpan dalam wadah-wadah kecil atau kantung plastic kecil. Menurut Reamer, alam telah mengatur segala sesuatu dalam porsi masing-masing yang sesuai. Misalnya, pisang, menurut Reamer, umumnya satu buah dihitung satu porsi. Anda tidak mungkin akan memakan satu sisir pisang sendiri dalam waktu yang bersamaan. Jumlah porsi camilan ideal yang anda butuhkan tergantung dari kalori yang anda perlu konsumsi dalam sehari.

5. Jangan Memaksa untuk menjadi Sempurna

Ngemil dengan mematuhi sebuah panduan memang akan mneghasilkan efek yang maksimal, namun anda perlu bersikap tidak terlalu kaku. Beberapa orang menyerah membuat sebuah perencanaan camilan karena mereka tidak selalu bisa mendapatkan natural oatmeal, kacang walnut, atau strowberi organic setiap kali. Oatmeal instan dan yogurt yang dapat langsung diminum ini termasuk cepat dan mudah didapatkan. Menyimpan beberapa jenis makanan camilan di dalam tas, misalnya sekotak kismis, kacang almont, atau sebuah apel dapat mencegah ngemil makanan-makanan camilan lain yang tidak sehat dan miskin kandungan gizinya. Sekali lagi, jenis camilan tersebut memang tidak bisa dibilang ideal, namun jauh lebih baik ketimbang anda mencari keripik kentang atau tidak makan sama sekali.

6. Mengapa Malu Mengaku Lapar?

Banyak orang yang tidak mengakui bahwa dirinya dalam keadaan lapar atau menganggap mengemil sebagai kebiasaan yang “nakal”. Ketika seseorang mencoba untuk menghindari makan, seringkali justru mereka makan makanan yang tidak sehat. Mereka akan mencari-cari makanan seperti keripik bungkusan karena mereka pikir itu bukan “makan sungguhan”. Sementara tanpa disadari mereka telah mengkonsumsi sekitar 400 kalori dalam sebungkus keripik tersebut yang justru besar kalorinya dibandingkan dengan separuh roti lapis isi daging dan mereka akan merasa lebih kenyang.

7. Berhenti Makan sebelum Kenyang

Ingatlah bahwa kalori yang anda konsumsi pada makanan camilan bukanlah kalori “gratisan”. Anda harus mengatur porsi makanan anda. Ikutilah semboyan Jepang berikut, “hara hachi bu”, yang artinya “makanlah hingga anda merasa 80% kenyang”. Jika anda dapat berhenti makan di saat sudah hampir kenyang, maka dapat lebih mudah mengurangi porsi makanan yang anda konsumsi. Dan hal ini akan mudah dilakukan karena jika anda merasa lapar lagi, anda bisa makan kembali. Dalam keyakinan kita mengenal anjuran “makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang” yang sebenarnya bisa menjadi panduan makan yang sangat tepat, termasuk makan kecil atau snacking. (Sumber: Nirmala).

search terms :

manfaat ngemil, ngemil, cara menghindari ngemil, cara mengurangi ngemil, ngemil sehat, cara berhenti ngemil, camilan sehat ibu hamil, ngemil buah, cara makan yang sehat, Cara menghentikan ngemil, menu ngemil yang sehat, diet ngemil, diet ngemil kacang, mengurangi ngemil, efek dari ngemil buah buahan, menghindari ngemil, kacang goreng sehat, makanan ngemil, cara menghindari nafsu makan, cara mencegah ngemil, camilan yang baik untuk ibu hamil, porsi makan sehat bagi orangdewasa, ngemil yang baik untuk ibu hamil, mengatur porsi makan, manfat ngemil, tips cara sehat ibu hamil, MANFAAT MAKAN TIDAK KENYANG, manfaat kentang bagi diet, ngemil yg aman, tips makanan sehat dan mudah didapatkan, manfaat camilan roti kering bagi ibu hamil, manfaat camilan bagi tubuh, makanan untuk ibu hamil penderita maag, makanan sehat buat ibu hamil, makanan ngemil yang sehat, tiramisu untuk ibu hamil, menghindari kebiasaan ngemil, tips agar tidak ngemil di kantor, nngemil apel bagus untuk diet, cara diet tanpa ngemil, ngemil sehat mudah contoh, pendapat tentang ngemil, ngemil kacang kulit bagus ga untuk ibu hamil, ngemil buah pisang, ngemil buah apa efeknya ya?, miskin tapi sehat saat hamil, ngemil kacang goreng, porsi ngemil buah, putar cara makan karbohidrat dan protein, remaja suka ngemil

Artikel lain yang berhubungan :


Artikel CARA SEHAT UNTUK NGEMIL yang terkait di situs lainnya:

CARA SEHAT UNTUK NGEMIL Women Health

Ngemil dengan cara yang tepat ternyata bisa membantu melangsingkan demikian pendapat beberapa ahli. Begitu waktu menunjukkan pukul 3 sore terasa ada
http://sweetspearls.com/health/cara-sehat-untuk-ngemil/

Cara Ngemil Sehat Diet Kesehatan Tabloidnova.com "Situs

Tak perlu cemas ada cara ngemil sehat yang bisa Anda coba berikut ini Ngemil biasanya Khusus untuk ibu hamil yang biasanya memiliki mood tak menentu sediakan
http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Diet/Cara-Ngemil-Sehat

10 Tip Sehat ala Orang Perancis

dari beberapa dekade orang Perancis dinilai lebih sehat makan bahkan sarapan bisa menjadi ajang sosial untuk ngemil juga susah ngemil khan enak banget tapi mmg
http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=123189&page=1

Cara Ngemil Yang Sehat

Tak perlu cemas ada cara ngemil sehat yang bisa Anda coba berikut ini Ngemil biasanya Untuk waktu senggang Anda sediakan jus anggur atau pir. Pilihlah makanan
http://www.enformasi.com/2008/10/cara-ngemil-yang-sehat.html

Tips Cara Memilih Makanan yang Sehat

Tips Cara Memilih Makanan yang Sehat. Mempunyai tubuh yang sehat banyak bisabisa Anda kebanyakan ngemil dan makanan super’ atau jawaban mudah untuk diet sehat
http://baru1.com/tips-cara-memilih-makanan-yang-sehat/

Tidak ada komentar: